Mulailah dari anda dan keluarga anda - kepedulian anda - bantuan anda akan bahaya narkoba

Saturday 6 February 2010

Gurita narkoba ? Betul sudah menggurita ? dan apa sumbangan kita untuk mengatasi ini ?

Contoh bahwa narkoba sudah menggurita

anaknya teman terkena narkoba dari sekolahnya, umurnya pada waktu itu belum 12 tahun, yah betapa mengerikan ternyata kita menyerahkan anak2 kita untuk dididik di suatu sekolah yang kita percaya akan menjadikan anak2 kita menjadi manusia seutuhnya, malahan anak2 kita dirusak oleh nya. Ini bukti bahwa narkoba sudah menggurita. Dan sekolah pun yang cukup bermutu pun tidak berdaya mengatasi gurita ini. Bukan salah sekolahnya, si jaringan atau si gurita narkoba ini sudah mengorganisir dirinya sedemikian rupa canggihnya, sehingga dia menyelusup masuk kemana-mana.

Apa peran kita sebagai warga negara, sebagai orang tua? Semua harus waspada, setiap ada kecurigaan adanya penyimpangan harus diawasi, kalau perlu ambil tindakan seperlunya. Misalnya, apabila kita melihat teman sendiri, atau kerabat sendiri terlibat walau hanya sebagai pemakai, kita wajib melakukan tindakan nyata. Kalau perlu minta bantuan aparat berwajib atau lembaga yang berwenang untuk mengatasi hal ini. Kecanduan bisa disembuhkan, kalau itu menimpa di kerabat kita sendiri, dan kalau kita masih merasa bertanggung jawab atas keselamatan semua orang. Kenapa? memang kadang kita sudah apatis atas kelakuan kerabat kita sendiri, tapi dia itu kan merupakan virus yang bisa menular. Maka kita concern masalah ini. Bagaimana teman2 semua, setuju? 

Saya mencoba menuangkan uneg-uneg saya, karena ternyata saya sendiri belum sanggup berbuat banyak untuk membantu membrantas narkoba ini. Pernah ingin bergabung dengan granat di jogja, sudah tanya2 siapa pengurusnya, sudah ketemua dengan salah satu aktivisnya mas Andreas, tapi belum sempat bergabung. Maka mencoba dengan membuat portal ini, walau gratisan, ingin menyumbangkan pemikiran, minimal.

Oke, intinya, kita mulai dari kepedulian kita terhadap bahaya narkoba ini, dimulai dari lingkungan kita terdekat, kerabat dekat, teman2 dekat. Dan harus ada tindakan nyata dari kita. Ingat ini virus berbahaya yang menular dengan sangat cepat. 

Salah satu yang paling efektif pencegahan, marilah dimulai dari diri kita, bahwa bagi diri kita yang merokok, mulai saat ini berhenti merokok. Berhenti total merokok. Merokok adalah selangkah menuju narkoba. Juga merokok sama sekali tidak berguna bagi kita, merugikan kita, baik finansial maupun kesehatan. Bayangkan badan kita yang berharga ini, dimasuki sampah. Apa anda semua rela, barang berharga anda, barang yang paling berharga yang anda miliki ini rusak? Dan yang merusak adalah anda sendiri. Mari ... wahai semuanya .... berhentilah merokok.

Sekian dulu. 

No comments:

Post a Comment